Pusat Pembuatan Booth, Rombong & Gerobak Murah

Posted on

Kian ramainya usaha makanan atau minuman dengan konsep franchise serta maraknya menjual produk dengan menggunakan booth-booth lucu dan menarik yang membanjiri mall-mall atau pasar modern hingga stand untuk pameran membuat pengrajin booth di banjiri pesanan. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan.

Untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan di bisnis jasa pembuatan booth / rombong / gerobak, Pasar Poncol, Senen dan Kemayoran Jakarta Pusat bisa Anda jadikan referensi. Berbagai bentuk dan ukuran yang Anda inginkan, bisa di pesan disini.

Pasar Poncol Senen yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto – Senen, Jakarta Pusat tidak hanya di kenal masyarakat Jakarta sebagai pasar barang-barang bekas atau loak saja, melainkan juga sebagai sentra pengrajin etalase/rombong atau gerobak makanan ini tepat di samping Stasiun Senen atau kurang lebih sekitar 400 meter dari terminal bis Senen.

booth

Pasar Poncol Senen ini sudah ada sejak tahun 1969, tetapi sentra booth aluminium baru muncul sekitar tahun 1980an. Salah satu perintis pusat pembuatan rombong ini adalah Avis yang sudah memulai usahanya turun temurun dari tahun 1980. Sebenarnya usaha jasa pembuatan gerobak makanan dikelola ayahnya, namun mulai tahun 1990 baru di kelola oleh Avis. Sampai sekarang ini Avis sudah mempunyai 2 workshop yang dikelola bersama kakaknya.

gerobak-waralaba

Di Pasar Poncol Senen saja, jumlah pengrajin gerobak aluminium hingga saat ini sudah mencapai 25 pengrajin yang menggantungkan hidupnya di sentra ini. Sebagian besar pelaku usaha ini berasal dari Cianjur Jawa Barat. Rutinitas produksen pembuat gerobak makanan waralaba ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Selain Pasar Poncol Senen, Anda juga bisa mendatangi sentra booth yang berlokasi di daerah Kemayoran tepatnya terletak 1 km dari arah selatan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Pusat booth ini sudah ada sejak tahun 2000an, sentra ini berdiri karena tingginya permintaan booth untuk pameran serta promosi usaha dan makin menjamurnya bisnis franchise khususnya franchise makanan dan minuman yang murah.

Bahan Baku Gerobak / Rombong / Stand

Dalam proses produksi, bahan baku yang digunakan pengrajin adalah triplek, melamin, kaca dan aluminium. Untuk membelinya pengrajin biasa membeli dari supplier yang berada di sekitar jalan Letjend Soeprapto Senen, Jakarta. Pada umumnya bahan baku seperti aluminium, multiplek, melamin dan kaca yang digunakan berukuran 2 hingga 3 milimeter.

booth-franchise

Harga Booth / Gerobak / Rombong

Proses produksi di pusat pembuatan gerobak Pasar Poncol Senen hanya dilakukan ketika ada pesanan, sehingga semua produk yang di hasilkan merupakan hasil pesanan dan bukan ready stock. Seperti gerobak motor, gerobak dorong, rombong portable/knock down.

Saat ini berbagai macam jenis stand makanan / minuman gerobak roda empat telah dihasilkan oleh pengrajin, seperti booth untuk berjualan jus dengan ukuran 100 cm X 55 cm X 180 cm, booth untuk berjualan ayam goreng ukuran 130 cm X 60 cm X 180 cm, booth untuk berjualan mie ayam 150 cm X 60 cm X 180 cm, rombong untuk berjualan pempek 120 cm X 50 cm X 180 cm dan booth untuk berjualan martabak manis atau gerobak gorengan 1,8 M X 80 cm X 1,8 M.

rombong-waralaba

Sebagian besar produsen booth di Pasar Poncol memproduksi gerobak unik untuk berjualan ice juice. Hal ini karena bisnis berjualan jus sedang menjadi trend saat ini dan juga harga boothnya cukup murah, yaitu sekirar 950 ribu untuk berbahan triplek melamin, dan 1,2 juta berbahan aluminium dengan ukuran 1 meter X 55 cm X 1,8 meter.

Biasanya para pengrajin menerima pesanan pembuatan paling sedikit 3 unit setiap hari. Calon pembeli yang sering menjadi langganan dari sentra ini adalah para pedagang makanan dan juga minuman. Hingga saat ini pemasaran tidak hanya datang dari Jakarta saja. Tapi sudah mencapai Bandung, Bogor, Depok bahkan sampai luar pulau.

Sedangkan pusat pembuatan rombong yang ada di Kemayoran, booth yang biasa di pesan adalah booth untuk stand pameran. Design gerobak atau rombong bisa berasal dari pemesan atau bisa juga desain pengrajin sendiri. Biasanya inspirasi ide membuat sebuah model muncul ketika para produsen melihat booth dan gerobak, baik di pameran maupun stand-stand promosi lainnya.

Rombong-Waralaba

Biasanya yang di tekankan kepada pemesan adalah data-data yang dibutuhkan harus lengkap mulai bentuk, ukuran, material atau bahan yang digunakan, fungsi dan kebutuhan booth tersebut, hingga detail desain yang di inginkan. Dari pembuatan desain sampai siap produksi membutuhkan waktu paling lama satu minggu.

Sedangkan sistem pembayaran menggunakan sistem bayar tunai, dan bagi yang ingin memesan booth, rombong atau gerobak untuk waralaba dalam jumlah besar akan mendapatkan potongan 15%. Dan bagi Anda yang berada di luar kota bisa memesan lewat telepon booth portable atau gerobak / rombong knock down, atau datang langsung dengan membawa desain yang di inginkan. Untuk pengiriman luar kota dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan kesepakatan.

Contoh Desain Gerobak

Booth

 

Gerobak

booth-murah

booth-portable

Demikianlah ulasan kami tentang produsen rombong dan gerobak untuk usaha Anda. Jika Anda memerlukan alamat lengkap dan nomer teleponnya silahkan download disini.

Baca juga : Glodok, Pusat Grosir Elektronik