Pasar Gembrong, Pusat Grosir Mainan, Karpet dan Boneka Murah

Posted on

Pasar Gembrong adalah pasar grosir mainan yang berada di Jakarta Timur, letak atau alamatnya ada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Cipinang Besar, Jatinegara. Sebagian orang ada yang menyebut pasar ini dengan Pasar Prumpung.

Pasar Gembrong dikenal dengan beraneka macam mainan anak. Tapi, apakah Anda tahu kalau dulu Pasar Gembrong seperti pasar-pasar tradisional lainnya yang menjual bermacam sayur-mayur dan kebutuhan sehari-hari.

Pasar Gembrong

Seiring waktu, pada tahun 1970-an berdiri empat toko mainan di Pasar Gembrong tersebut, dan letaknya pun berjauhan.

Lalu, sekitar tahun 1987 pemerintah akan melebarkan jalan, kemudian ada penggusuran di kampung RW 01 Jatinegara dan ke empat toko mainan itu pun terkena imbasnya. Dan Pasar Gembrong benar-benar ramai ketika tahun 1999. Sampai saat ini, 16 tahun sudah Pasar Gembrong mainan berdiri dan pasar yang berjualan sayur mayur pun masih ada dan tetap berdampingan.

Ada ratusan penjual mainan anak di sini. Bermacam jenis mainan, dari mainan tradisional sampai mainan modern semua ada. Tidak hanya pedagang yang berjualan mainan, ada juga pedagang kebutuhan sekolah, karpet, dan aksesoris rambut (bando, ikat rambut, jepit).

Pasar Gembrong buka setiap hari dari jam 08.00 dan tutup jam 18.00 WIB. Tetapi, beberapa kios yang lokasinya di bagian luar, mereka tutup jam 20.00 WIB.

Lokasi Pasar Gembrong

Lokasi pasar grosir mainan ini sangat dekat dengan Stasiun Kereta Api Jatinegara dan dekat pula dengan Terminal Kampung Melayu. Jadi jika ingin kulakan di Pasar Gembrong bisa dijangkau dari mana saja dengan naik kendaraan umum.

Peta Pasar Gembrong Jakarta

Pusat Grosir Mainan Pasar Gembrong

Jika Anda pemilik toko online mainan anak atau pemilik toko konvensional, ini adalah surga belanja grosir buat Anda. Harap diketahui sebagian mainan yang di jual di Pasar Gembrong, kebanyakan import dari China dan mayoritas bahannya plastik serta karet.

Hampir semua pedagang yang ada di pusat grosir mainan Gembrong memperoleh produknya dari distributor yang sama. Makanya harganya tidak jauh berbeda antara toko yang satu dengan toko yang lain. Menurut pantauan team grosirmurah.my.id, mainan yang paling laris di sini adalah remote control (RC) drift 4WD sejenis mobil jeep hingga mobil sedan, yakni game boy PVP PXP, airsoft gun, skuter dan mobil aki.

Pasar Gembrong Jatinegara

Pasar Gembrong memang pasar grosir, tetapi jika ada yang membeli eceran mereka juga melayaninya. Harga di pusat grosir mainan ini sangat murah. Biasanya harga mainan di pasar ini lebih murah 20-30% dari toko-toko yang ada di pusat perbelanjaan, bahkan jika Anda membeli secara grosiran bisa mendapat potongan sampai 50%.

Tidak cuma mainan yang lagi trend, mainan jadul era 90 juga banyak di jual misalnya gangsing, yoyo, congklak, ketapel dan sebagainya.

Sayangnya, murahnya Pasar Mainan Gembrong ini belum sepenuhnya mendapat perhatian dari pemerintah DKI. Pasar Gembrong Prumpung terkesan kumuh, macet dan semrawut.

Harga Mainan Pasar Gembrong

Yang kami lampirkan dibawah ini adalah harga mainan eceran :
Mobil remote jenis sedan atau jeep Rp 150.000 – Rp 350.000
Air softgun Rp 40.000
Air softgun senapan otomatis Rp 225.000
Skuter Rp 700.000 – Rp 750.000
Game PVP Rp 200.000 – Rp 250.000
Tamiya Rp 10.000 – Rp 30.000
Scrabble Rp 80.000
Mobil aki Rp 350.000
Sedangkan untuk aksesoris seperti bando, jepit, ikat rambut dan sebagainya, dijual mulai dari harga Rp 500 sampai dengan Rp 5.000. Dan semua itu masih bisa di tawar lagi.

Karpet Pasar Gembrong

Selain sebagai pusat grosir mainan, ada puluhan penjual karpet di Pasar Prumpung (Gembrong). Untuk membeli karpet dengan kualitas bagus, Anda tidak perlu bayar mahal. Silahkan datang ke pasar karpet import di Pasar Gembrong, Prumpung, Jakarta Timur.

Karpet Pasar Gembrong

Harga yang ditawarkan lebih murah dari Pasar Tanah Abang. Tapi tidak semua murah, ada beberapa jenis karpet yang harganya lebih mahal.

Karpet import Belgia yang dijual di bervariasi. Misalnya, karpet jenis Aloha dijual Rp 650.000 ukuran 150cm x 150cm dan Karpet Persia harganya Rp 300.000 ukuran 120cm x 160cm. Harga karpet mushola atau masjid Rp 500.000 per lebar 5 meter. Semua karpet yang di jual di Pasar Gembrong adalah karpet impor, tidak ada karpet buatan lokal.

Boneka Pasar Gembrong

Jika ingin kulakan boneka murah dan berkualitas serta banyak pilihan modelnya, Anda bisa mengunjungi Pasar Gembrong. Di sini terdapat berbagai ukuran dan model boneka mulai dari boneka Angry Bird, boneka panda, boneka SpongeBob, boneka Masha dan boneka model lainnya. Boneka yang di jual rata-rata berbahan dacron, skin raftur dan velboa. Yang laris dan lagi trend di pusat grosir boneka ini adalah boneka panda ukuran jumbo.

Grosir Boneka Pasar Gembrong

Jika Anda ingin berjualan boneka, ada baiknya kulakan boneka disini. Karena jika Anda membeli boneka secara partai akan mendapat potongan harga sampai 20%. Untuk bahan referensi saja, di bawah ini harga boneka di Pasar Gembrong :
Hello kitty Rp 80.000
Winny the pooh Rp 65.000
Hello kitty jumbo Rp 110.000
Teddy Bear Rp 70.000
Minions Jumbo Rp 215.000
Spongebob Rp 65.000
Panda Jumbo Rp 155.000
Minnie Mouse Jumbo Rp 95.000
Bantal Donat Rp 60.000
Masha Rp 50.000
Barbie Rp 15.000
Saun the sheep Rp 30.000
Boboboy Rp 25.000
Upin ipin Rp 25.000

Tips Belanja di Pasar Gembrong

Apabila Anda ingin belanja di Pasar Gembrong Jakarta, khususnya untuk yang belum pernah sama sekali ke sana dan tidak terbiasa belanja di sini, berikut ini tips yang harus Anda perhatikan :

Pasar Gembrong Prumpung

1. Kendaraan Umum
Gunakanlah kendaraan umum saat berkunjung ke sana, di sini tidak ada tempat parkir. Jika Anda membawa mobil, ini akan sangat kesulitan mencari tempat parkir karena lokasi pasarnya berada di pinggir jalan. Supaya Anda bisa tenang saat belanja dan tidak was-was dengan kendaraan yang Anda tinggal.

2. Survei
Lebih baik apabila Anda mencari informasi tentang Pasar Gembrong terlebih dahulu, bisa dari internet atau dari teman yang sudah sering belanja disana. Dengan begitu Anda dapat tahu kisaran harga dan keadaan pasarnya.

3. Datang Pagi Hari
Pasar Gembrong buka jam 08.00 pagi. Jadi sebisa mungkin datanglah pagi hari, karena area pasar diluar gedung sehingga saat siang hari terik matahari sangat menyengat. Jangan harap ada AC seperti di pusat grosir lainnya.

4. Uang Tunai
Bawa uang cash secukupnya, atau bawa ATM. Sebagian toko ada yang menyediakan mesin EDC untuk transaksi pembayarannya. Waspada banyak copet di daerah sini.

5. Tawar Harga yang Diberikan
Walaupun harga mainan di sini terbilang murah, tetapi Anda masih bisa menawar lebih murah lagi.

Angkutan Umum Ke Pasar Gembrong

Bingung ingin ke Pasar Gembrong tapi bingung mau naik apa? Beberapa alternatif transportasi umum yang bisa Anda gunakan untuk mencapai pasar grosir mainan Gembrong :

Naik Transjakarta :
Turun di halte Pedati Prumpung (K10-16). Halte Pedati Prumpung adalah bagian dari koridor 10 dengan rute Tanjung Priok–Halte Cililitan PGC. Dari halte tersebut cari Mikrolet 04 rute Rawasari–Cililitan dan turun di depan Pasar.

KRL
Dari stasiun Jatinegara, dan naik Mikrolet 06A jurusan Jatinegara–Gandaria. Dan turun di perempatan Prumpung, kemudian Anda jalan kaki.

Itulah sekilas mengenai penelusuran kami di Pasar Gembrong Prumpung Jakarta, sebagai referensi untuk Anda yang ingin kulakan atau belanja grosir mainan, boneka, aksesoris rambut, kebutuhan sekolah dan karpet.

Baca juga : Pasar Asemka Yang Wajib Anda Tahu