Oven Cawang Sampai Kaleng Krupuk Jadul, Harga dan Produsennya

Posted on

Oven Cawang Kompor ~ Beberapa tahun yang lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengkonversi minyak tanah ke gas, banyak pro dan kontra dengan kebijakan pemerintah tersebut walaupun pada akhirnya merasakan juga manfaat dari kebijakan tersebut. Tentu saja hal ini sangat berdampak buruk kepada para produsen kompor minyak tanah, karena mereka kehilangan konsumen yang beralih ke kompor gas.

oven cawang

Di pasar grosir Cawang Jakarta banyak kita temui produsen dan grosir wajan, kompor minyak tanah, panci, kaleng krupuk, oven, aneka cetakan kue bahkan juga kubah masjid.

Ya, daerah sentra produksi serta grosir panci aluminium dan kompor ini pernah berjaya di era 90-an. Bahkan daerah ini mendapat julukan kampung kompor Cawang. Dulu pada waktu berjayanya rata-rata setiap produsen mampu membuat 3000 kompor dalam satu bulan. Para pedagang pasar Jakarta semua kulakan di sini.

Pada tahun 2008, keluarlah kebijakan dari pemerintah agar masyarakat beralih menggunakan bahan bakar gas. Bahkan pemerintah memberikan tabung gas dan kompornya secara gratis. Sejak saat itu para pedagang dan produsen kompor di Cawang banyak yang menutup usahanya.

Oven Cawang Dari Kampung Kompor

Sekarang tidak ada lagi tumpukan kompor di sepanjang jalan Dewi Sartika, berganti dengan tumpukan aneka model dandang dan oven gas. Lebih kurang ada 20 produsen oven Cawang di kawasan ini.

oven gas cawang

Setelah penjualan kompor sepi, mereka tetap survive yang akhirnya beralih menjual dan membuat produk peralatan dapur lain yang masih tetap berbahan aluminium atau stainless seperti dandang dan oven.

Apabila dulu kawasan Cawang terkenal dengan produk kompor minyak tanah, sekarang produk oven buatan Cawang mulai menggaung dan di kenal dengan oven Cawang. Bahkan oven Cawang tidak hanya di buru pedagang sekitaran Jakarta saja, oven-oven itu juga di distribusikan ke Sulawesi, Kalimantan, NTB dan Sumatra.

Menurut pengamatan kami team tokogrosir, oven buatan Cawang secara kualitas bahan lebih bagus dibanding dengan oven buatan pabrik, tetapi untuk masalah kerapian lebih unggul oven pabrikan dari pada oven Cawang ini.

Harga Oven Cawang Kompor

Banyak konsumen memilih membeli oven di Cawang, karena harga oven Cawang lebih murah jika dibandingkan dengan tempat lain dan pilihannya banyak. Tidak hanya pedagang saja yang beli oven gas di Cawang tetapi juga pemilik usaha catering, pelaku bisnis kue dan pemilik restoran. Selain jual oven Cawang, para produsen ini juga menerima pembuatan peralatan dapur yang berbahan aluminium atau stainless stell.

harga oven

Harga oven di Cawang kompor, sangat beragam tergantung ukurannya. Harga oven dengan ukuran 35cm Rp 100.000, oven ukuran 40cm dijual dengan harga Rp 200.000, sedangkan untuk oven Cawang ukuran 45cm dihargai Rp 250.000, ukuran 75cm dijual Rp 1.800.00 sedangkan ukuran yang paling besar 120cm di bandrol Rp 2.500.000

Kaleng Krupuk Jadul Cawang Naik Kelas

Disela-sela waktu sepinya produksi dandang dan oven Cawang, para pengrajin membuat miniatur atau replika toples krupuk. Ya kaleng krupuk jadul atau jaman dulu yang kebanyakan kita jumpai di warung-warung makan mereka buat dengan sentuhan modifikasi. Kaleng krupuk yang dulu hanya bisa di miliki ibu-ibu warung itu sekarang semua orang bisa memilikinya.

kaleng krupuk stainless

Ada yang dua macam kaleng krupuk jadul yang mereka produksi, yaitu kaleng krupuk stainless yang terkesan mewah dan kaleng krupuk dari kaleng. Kaleng krupuk Cawang atau toples krupuk model jadul ini sekarang lagi trend, banyak di gunakan hotel dan cafe-cafe dengan tema vintage.

kaleng krupukmini

Baca juga : Pusat Pembuatan Booth, Rombong & Gerobak Murah