Karpet Pasar Gembrong Laris Manis

Posted on

Momen Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi pedagang karpet Pasar Gembrong di Jakarta. Dalam momen satu tahunan tersebut, penjualan mereka mampu meningkat dua kali lipat.

Jika pada hari biasa penjualan karpet hanya mencapai 4 buah per hari, Ramadan ini meningkat menjadi 10 karpet per hari.

“Karpet justru pas momen Lebaran ramai yang beli. Kebanyakan ibu-ibu. Kebutuhan kalau ada acara keluarga atau ada tamu yang mau menginap di rumah,” ujar seorang pedagang karpet, Roni, di Pasar Gembrong, Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (5/7).

karpet pasar gembrong

“Kita mah panen ya pas momen begini,” tambahnya.

Omzet yang dihasilkanpun ikut melonjak. Pada hari biasa, dirinya hanya mendapat Rp 600.000 per hari. Namun saat Ramadan, dirinya bisa mendapat Rp 1,5 juta.

“Kebanyakan yang laku ukuran besar yang 2 x 3. Sisanya yang kecil-kecil,” tuturnya.

Senada dengan Roni, pedagang karpet lainnya, Anto juga meraup untung besar saat Ramadan. Dirinya bahkan kerap kehabisan stok.

“Lumayan sih pas puasa gini. Biasanya dapet Rp 800.000 sehari, sekarang bisa hampir Rp 2 jutaan. Ada beberapa stok yang suka habis. Akhirnya ambil di temen dulu,” kata dia.

Namun demikan, saat Lebaran usai, dirinya justru harus gigit jari. Sebab, penjualan karpet turun drastis. “Tapi biasanya nih abis Lebaran karpet jualan sepi banget sebulan. Sehari laku 1 paling,” pungkasnya.

Hana Adi Perdana – merdeka.com